#FUNTIPS – SPORTIVA

Sebagai seorang professional hair stylist, sudah pasti Anda dituntut untuk lebih banyak berdiri dalam melayani pelanggan Anda. Mulai dari mencuci rambut hingga proses meluruskan, mengeriting, dan mewarnai rambut pelanggan Anda.

Bayangkan bila salon Anda buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam! Anda bisa melayani sekitar 5-10 pelanggan dan bisa jadi 80% dari waktu Anda di salon dihabiskan dalam posisi berdiri.

Tapi apakah Anda tahu bahwa bila terlalu lama berdiri bisa menyebabkan varises? Mari kita berbicara sedikit mengenai varises. Varises terjadi ketika katup vena melemah atau rusak dan dinding vena menjadi renggang. Ciri-ciri fisik penyakit ini dapat dilihat secara kasat mata, yaitu berupa perubahan warna dan pembengkakan pada pembuluh vena, biasanya di bagian kaki. Vena akan tampak berwarna biru atau ungu tua dengan bentuk menyerupai kawat berpilin.

Beberapa penyebab utama varises adalah:

  1. Kehamilan
  2. Obesitas
  3. Genetika
  4. Berdiri terlalu lama

Walaupun varises lebih banyak terjadi pada wanita, bukan berarti pria tidak bisa terkena varises lho. Lalu bagaimana mencegahnya ini terjadi, terutama bagi para professional hair stylist yang lebih lama berdiri dibandingkan duduk dalam bekerja?

  • Gunakan alas kaki berhak rendah atau datar; supaya otot betis Anda tidak bekerja keras saat Anda berdiri lama.

    • Gunakan alas kaki yang nyaman dan pas ukurannya dengan kaki Anda. Sandal jepit mungkin pilihan yang mudah dan nyaman, tapi tentunya sebagai professional hair stylist, kita harus mencoret pilihan ini ya! Mengapa tidak menggunakan SNEAKERS? Coba cek di sini alasan mengapa sebaiknya menggunakan SNEAKERS!
  • Lakukan olahraga teratur untuk memperlancar sirkulasi darah di tubuh Anda.

    • Tidak perlu merasa terlambat untuk mulai berolahraga, berapapun usia Anda, karena kini olahraga sudah menjadi lifestyle. Tidak perlu menjadi atlet, berbadan bagus dan berotot, atau mengincar gelar juara. Mulailah dari yang ringan seperti berjalan, bersepeda, dan berenang. Lakukanlah demi kebaikan Anda sendiri, in a fashionable way tentunya!
  • Hindari berdiri terlalu lama.

    • Mustahil rasanya bagi seorang professional hair stylist terhindar dari berdiri berlama-lama. Ingat-ingat untuk selalu melenturkan kedua kaki Anda dan goyangkan jemari kaki Anda setiap beberapa saat. Duduklah bila ada kesempatan, dan jangan menyilangkan kaki ketika duduk.
    • Tips: Putar lagu-lagu hiphop atau R ‘n B kesayangan Anda di dalam ruangan salon dan goyangkan jemari kaki Anda mengikuti beat-nya. Anda terhindar dari varises, suasana tidak membosankan, dan pelanggan Anda terhindar dari kantuk!
  • Hindari mengenakan pakaian ketat pada kaki dan pinggang. Gunakan pakaian yang longgar yang nyaman.

    • Bebaskan gaya berpakaian Anda, warna rambut Anda, aksesoris Anda, in the name of fashion! Kuncinya hanya satu; hindari pakaian atau aksesoris yang terlalu ketat. Selain menyulitkan gerakan tubuh dan tangan dalam ber-maneuver menggunakan peralatan salon dan produk, pakaian ketat juga bisa menghambat aliran darah ke bagian atas kaki Anda.
  • Berhenti merokok

    • Bagi Anda yang merokok, berhentilah merokok, RIGHT NOW! Rokok membunuh Anda perlahan-lahan. Rokok berakibat buruk bagi orang di sekeliling perokok. Anda tentunya tidak mau kehilangan pelanggan hanya karena bau rokok yang melekat di rambut, tangan dan jari, bahkan di pakaian Anda, yang mengganggu kenyamanan pelanggan.
  • Kunjungi dokter jika varises yang timbul terasa hangat, berair, berubah warna, timbul rasa gatal, bahkan timbul varises baru.

Semoga tips di atas bisa menghindarkan Anda, para professional hair stylist, dari risiko terkena varises.

 

Ref:
http://www.alodokter.com/varises/penyebab
https://healthynesia.blogspot.com/2014/06/9-cara-sederhana-mencegah-varises.html