#HAIRTIPS 

Sebagai seorang professional hair stylist pasti punya pelanggan setia yang selalu loyal dan sangat anda sayangi kan? Tapi apakah Anda sudah yakin jika anda mengenal karakter pelanggan Anda dengan sungguh-sungguh?

Karakter pelanggan sangatlah penting guna mengetahui servis apa yang cocok anda berikan kepada pelanggan.

Yuk kenali 5 karakter pelanggan salon anda menurut Michael Helmy, Master Colorist Indonesia:

 

1. Perfectionist

Karakter Perfectionist adalah karakter pelanggan yang menyukai tatanan / style  yang sempurna, terlihat rapi head to toe menyukai barang-barang mewah dan selalu ingin terlihat elegan.

Bagi pelanggan dengan tipe Perfectionist, gaya tatanan rambut yang tepat adalah tatanan simpel, tidak terlalu ber-volume dan sedikit trap. Pewarnaan yang sangat disukai oleh tipe Perfectionist yaitu warna natural dan fashion color maksimal di level 5.

 

2. Trendsetter

Karakter Trendsetter adalah karakter pelanggan yang memiliki jiwa seni/artistik dan memiliki selera yang unik. Tatanan rambut yang cocok bagi Trendsetter adalah tatanan yang terbaru,  trendy seperti rambut dengan cutting “cepak” atau super pendek  dan pewarnaan rambut padu padan warna-warna cerah seperti platinum, silver ataupun matte-blonde.

 

3. Experience

Karakter Experience adalah karakter yang bersemangat untuk mencoba hal-hal baru, penuh dengan keceriaan, sensual, penuh pesona dan sangat memperhatikan kesenian. Tatanan rambut yang cocok bagi karakter Experience adalah tatanan unik yang menjadi pusat perhatian banyak orang, tatanan yang dapat mengekspresikan kepribadiannya dan pewarnaan yang  kontras seperti coppery red bahkan bright colors sekalipun.

 

4. Simplicity

Karakter Simplicity adalah karakter yang simpel, sederhana, praktis dan menginginkan sesuatu yang cepat tanpa perlu repot dalam hal menata rambut. Tatanan rambut sederhana yang tidak menonjolkan tren yang berlebihan dan warna rambut natural adalah pilihan yang paling disukai. Ritual perawatan rambut bagi karakter Simplicity yang terpenting adalah untuk menjaga kesehatan rambutnya yang simpel.

 

5. Harmony

Karakter Harmony adalah karakter yang tidak terlalu banyak melakukan perawatan untuk rambut, menyukai tatanan rambut yang apa adanya tidak memerlukan perubahan terhadap penampilannya. Natural, lembut, sehat adalah rambut yang diinginkan oleh karakter Harmony dengan mempertimbangkan sisi ekonomis.

 

Bagaimana menurut Anda sebagai professional hair stylist?

Selalu kenali terlebih dahulu karakter pelanggan Anda, agar memudahkan untuk menentukan dan memberikan servis yang terbaik serta sesuai dengan karakter masing-masing pelanggan.

Jika pelanggan Anda puas, tentunya bisnis salon anda akan terus meningkat kan?  Selamat berkarya dan memberikan servis terbaik, professional hair stylist!