Tak bisa dipungkiri peranan hairstylist sangatlah penting.  Mereka adalah ujung tombak Salon anda. Kepercayaan dari pelanggan salon anda sedikit banyak berpengaaruh dengan peran mereka. Oleh karena meningkatkan kapasitas karyawan  merupakan tantangan utama dari Salon Anda. Sebagai pemilik atau manajer salon, anda harus bisa memotivasi mereka untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.

 

motivasi-tim-hairstylist-salon

Berikut ada 7 cara jitu memotivasi tim atau masing-masing hair stylist anda:

  1. Jadilah Leader (Pemimpin) Bukan Bos

Mungkin anda bingung apa perbedaan antara pemimpin dengan Bos. Bos lebih memiliki karakter sebagai tukang “Perintah” pada bawahan untuk mencapai suatu tujuan.

Sedangkan Pemimpin akan bertanya pada bawahan cara terbaik supaya cepat meraih visi dan misi yang ingin di capai bersama, selain itu pemimpin akan memberikan contoh sebelum memerintahkan. Bila anda menempatkan posisi anda sebagai pemimpin anda harus bisa memberikan contoh terbaik kepada mereka sebelum memberikan arahan.

Contoh: Jika anda ingin hair stylist anda hadi tepat waktu, mulailah hal tersebut dari diri anda dengan mencontohkan disiplin waktu sebelum meminta mereka melakukannya.

 

  1. Ciptakan Nuansa Kekeluargaan Antar Tim

Pedulilah terhadap hair stylist anda. Untuk mendapat kepercayaan dan loyalitas bukanlah hal yang mudah. Salah satu caranya adalah dengarlah keluhan mereka, jadilah teman mereka dan bantu selesaikan masalah mereka. Rangkul mereka layaknya keluarga baru anda.

Sebagai contoh: anda dapat membuat pertemuan mingguan yang dapat menjadi sarana untuk menerima feedback dan masukan dari hair stylist anda. Rangkum keluhan mereka dan buat perubahan kedepannya. Sehinnga mereka merasa lebih diharga sehingga diharapkan dapat memacu motivasi mereka dalam bekerja.

 

  1. Terapkan Aturan yang Jelas

Meskipun suasana kekeluargaan anda terapkan. Namun bisnis tetaplah harus berjalan secara profesional. Buatlah tata tertib dan ketentuan yang jelas bagi hair stylist. Sampaikanlah bahwa tata tertib ini diberikan untuk kenyamanan dari masing-masing pekerja, bukan untuk mengintimidasi dan mempersulit mereka. Tapi demi tercapainya tujuan bersama.

 

  1. Tingkatkan Keahlian Tim Anda

Untuk hair stylist yang rajin dan telah bekerja lama dengan anda, berikanlah tambahan ilmu dan keahlian kepada mereka. Sisipkanlah dari keuntungan bulananan anda untuk berinvestasi di pendidikan hair stylist anda. Salah satunya berikan mereka kesempatan bersama anda untuk mengikuti Workshop Hair Trend Makarizo dan Workshop dari ahli rambut Herry Centro. Langsung daftarkan diri anda disini!
Selain itu anda juga dapat memberikan edukasi melalui Makarizo Hair Studio terdekat di kota anda.

 

  1. Puji Keberhasilan Tim Anda

Penghargaan tidak harus berupa barang bernilai tinggi. Ucapan terima kasih dan sanjungan kepada tim anda, berarti besar bagi mereka. Ucapkan “Good Job”, Terima kasih, kamu hebat, dan kata2 motivasi lainnya harus sering anda lakukan tiap kali tim anda menyelesaian tugas atas kerja keras mereka.

 

  1. Berikan insentif

Buat mereka lebih semangat dalam bekerja dengan memberikan insentif sebagai  penyemangat mereka dalam bekerja. Berikan target yang dibagi per tim ataupun individual. Insentif  dapat diperoleh ketika mereka mencapai target kelompok ataupun target pekerjaan masing-masing. Contoh : Berikan tambahan uang saku kalau per masing-masing karyawan berhasil mencapai pemasukan dalam nominal tertentu. Atau makan-makan khusus untuk tim treatment bila mereka berhasil mencapai angka pemasukan dalam nominal tertentu.

 

  1. Buat Salon anda ramai

Apabila salon anda sepi, hal ini akan menurunkan kepercayaan diri mereka. Maksimalkanlah promosi anda , dengan membaca “tujuh cara menambah dan mempertahankan pelanggan di hari libur (klik disini!) dan memanfatkan momen liburan di hari liburan (klik disini!).

banner-workshop-sportiva-cycling