Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut mengenai solusi dari komplain yang Anda terima dari pelanggan salon Anda, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab munculnya komplain tersebut. Setidaknya, akan muncul 3 alasan mengapa pelanggan salon Anda memberikan komplain dan itu artinya 3 hal berikut pula yang belum Anda penuhi sebagai pebisnis salon :

Komunikasi

Hair stylist komunikasi

Diawali dengan komunikasi yang baik, Anda disarankan untuk memberikan contoh visual terkait gaya atau trend rambut yang pelanggan inginkan. Demi menyesuaikan keinginan mereka dengan bayangan Anda, sangat penting menyediakan pelanggan referensi gambar (seperti misalnya, contoh potongan gaya rambut dari Instagram atau Pinterest). Selain itu, tujuan dari memberikan referensi visual adalah untuk mendapatkan ide yang sesuai antara kedua belah pihak (baik Anda maupun pelanggan salon Anda), seberapa besar yang bisa Anda capai dari harapan pelanggan, dan seberapa besar pula seharusnya ekspektasi pelanggan Anda. Ini bisa jadi jaminan dari pelayanan salon Anda pula ke depannya.

Tahap selanjutnya dari proses komunikasi yang baik adalah dengan penyeragaman persepsi. Pastikan Anda sudah paham dengan gaya inspirasi rambut yang menjadi keinginan pelanggan. Tone rambut mana yang disukai pelanggan atau jenis potongan rambut mana yang hendak disetujui pelanggan.

 

Ekpektasi

Bisnis Salon

Sebagian besar tidak menyadari waktu yang dibutuhkan untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan mengalami transisi yang ekstrem atau bahkan beberapa transisi yang tidak semestinya. Penting agar mereka tahu bahwa beberapa sesi untuk transisi besar dan kecil mungkin diperlukan agar kesehatan rambut mereka tetap terjaga.

 

Jaminan

Ciptakan jaminan yang bisa dirasakan oleh para pelanggan salon Anda. Karena, mereka sudah sengaja datang ke salon Anda untuk berkonsultasi dengan hairstylist handal seperti Anda, maka Anda wajib memberikan mereka informasi terkait masalah rambut yang bisa atau tidak Anda tangani.

 

Agar dapat selalu memuaskan keinginan pelanggan salon Anda dan demi mencegah adanya komplain, sebaiknya Anda menerapkan 3 hal di atas. Meski ada kalanya komplain atau keluhan pelanggan tidak mampu dihindari, Anda harus tetap tenang serta sabar menghadapinya. Jangan bahas permasalahan terlalu lama hingga berlarut-larut, langsung saja tawarkan solusinya.

 

daftarkan diri workshop sportiva