Pengeritingan adalah proses kimia dalam mengeriting rambut dengan mengubah struktur rambut secara permanen. Neutralising adalah proses kimia yang membuat rambut menjadi bentuk baru setelah dikeriting.

Pengertian secara ilmu pengetahuan : Proses pematahan ikatan silang dengan memberikan obat keriting dan penyambungan kembali ikatan disulfide (ikatan silang) dengan memberikan Netraliser.  

Apa yang Membuat Rambut Keriting atau Lurus?

Pengeritingan           Pengeritingan

Satu alasan adalah bentuk dari folikel rambut yang menentukan bentuk batang rambut. Alasan lain adalah rambut lurus memiliki alur lintas yang melingkar sedangkan rambut keriting memiliki alur lintas yang berbentuk oval. Rambut yang lurus ataupun keriting dapat diubah dengan menggunakan produk-produk kimia tertentu. Dengan itu, akan dihasilkan perubahan permanen pada struktur keratin. Ketika struktur alami rambut berubah secara kimiawi, ikatan bisulfat pada lapisan kortex juga turut berubah. Karena perubahannya bersifat permanen, maka penampilan rambut hanya bisa berubah kembali dengan guntingan rambut atau rambut kembali tumbuh, atau membalik proses kimia tersebut. Perawatan yang intensif harus dilakukan ketika penggunaan bahan-bahan kimia di rambut klien karena overprocess dapat merusak struktur rambut secara internal maupun eksternal.

Keriting Asam atau Basa Keriting asam maupun basa dapat diterapkan di rambut klien Anda, tergantung pada hasil yang diinginkan. Sebelum memilih pengeritingan yang tepat, stylist harus mempertimbangkan kondisi dan tipe rambut. Cairan keriting yang mengandung asam digunakan pada rambut yang sudah kering, rusak, atau porus karena cairan obat keriting yang bersifat basa akan mengakibatkan kerusakan.

 Pengeritingan

Dua (2) Macam Tahapan untuk Mengeriting Rambut    

  • Tahap 1 : Mematahkan ikatan silang rambut

Pada tahap ini, ikatan silang rambut dipatahkan. Tahap ini dihitung waktunya secara tepat untuk memastikan banyaknya ikatan yang dipatahkan. Bila rambut mengalami over process, akan muncul risiko rambut akan patah. Apabila under process, hasil pengeritingan akan tidak memuaskan. Instruksi dari pembuat produk pengeritingan dan stylist Anda akan memberitahu Anda berapa lama tepatnya untuk membiarkan cairan obat keriting di rambut sebelum dibilas.

  • Tahap 2 : Membentuk struktur rambut ke posisinya yang baru : neutralising

Pada tahap ini, Anda harus membilas rambut untuk waktu tertentu. Biasanya, waktu minimum 5 menit diperlukan untuk membersihkan cairan obat keriting dari rambut. Setelah Anda membilas rambut, Anda perlu untuk menghilangkan krim moisturizer yang berlebihan sebelum menggunakan neutralizer yang mengandung hidrogen peroksida atau sodium bromat. Neutralizer berperan selaku agen oksidasi yang membantu membentuk kembali ikatan silang yang dipatahkan oleh cairan obat keriting dan membentuk rambut ke bentuknya yang baru. Waktu yang tepat untuk proses netralisasi sangat krusial untuk hasil akhir yang baik. Over process dapat membuat rambut terlihat frizzy dan under process akan menghasilkan hasil keriting yang kurang bagus.  

Pendaftaran Online Seminar & Workshop SPORTIVA